Thursday, February 27, 2014

Hakikat Istighfar III (...selesai)

Selain pengampunan, Istighfar juga dapat menambah kekuatan dalam diri. Hal tersebut dijelaskan pada ayat Alqur'an berikut :
Allah berfirman,"Dan (dia berkata): "Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa." (QS. Hud: 52)
Pada firman Allah juga dijelaskan bahwa orang-orang yang rajin istighfar akan MENJADI ORANG YANG BERUNTUNG

Allah berfirman, "Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung."(QS.an-Nur: 31).

Ayat tersebut juga dikuatkan oleh hadits Rasulullah berikut ini :

Aisyah berkata,"Beruntunglah, orang-orang yang menemukan istighfar yang banyak pada setiap lembar catatan harian amal mereka."(HR.Bukhari).
Dan dengan istighfar juga, Allah akan mengganti segala KESALAHN MENJADI KEBAIKAN.
Allah berfirman, "Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. al-Furqan: 70).
Setelah kita menelaah dari artikel hakikat istighfar I hingga III, maka dapat disimpulan bahwa istighfar bukan sekedar permohonan ampunan saja, tapi sangat banyak hikmah yang bisa diperoleh dari istighfar dimana selama ini mungkin terabaikan oleh kita sebagai manusia.
Maka marilah kita biasakan untuk ber - istighfar di dalam kehidupan sehari - hari.
Demikian artikel hakikat istighfar ini disampaikan. Semoga dapat memberikan pencerahan.
Wassalam


Admin

No comments:

Post a Comment