Monday, February 24, 2014

Harmoni Kehidupan

Tuhan telah menetapkan dalam kehidupan di dunia ini selalu ada 2 hal yang berlawanan sekaligus berdampingan. Dalam hidup selalu berpasangan. Seperti halnya manusia, ada pria dan wanita.

Begitu juga dalam hal lainnya, kebaikan dan keburukan, benar dan salah, kaya dan miskin dan banyak lagi.

Kesempurnaan hidup adalah karena Tuhan menciptakan 2 hal yang berlawanan tersebut dapat berdampingan atau berpasangan. Dengan kata lain, kehidupan ini tidak perlu ada jika tidak ada yang berlawanan atau perbedaan.

Uraian diatas dapat memberikan sebuah pencerahan bahwa cobaan dalam kehidupan adalah harmoni kehidupan yang merupakan seni tersendiri dalam mengarungi kehidupan itu sendiri.

Cobaan hidup seringkali dikaitkan dengan urusan ekonomi, dimana orang-orang yang miskin merasa bahwa kondisi tersebut adalah sesuatu yang tidak adil bagi mereka (orang miskin - red). Mereka menganggap bahwa betapa enaknya menjadi orang kaya. Sementara di sisi lain, orang kaya juga merasakan cobaan hidup dengan kondisi yang brbeda (seperti masalah penyakit dan masalah yang banyak dihadapi orang kaya pada umumnya)

Dari uraian diatas, seharusnya kita sebagai manusia sadar bahwa Tuhan memang WAJIB menjadikan harmoni dalam kehidupan ini. Andaikan hanya ada orang miskin di dunia ini atau sebaliknya, bagaimana jadinya hidup ini.

Apapun kondisi yang kita miliki, intinya adalah bagaimana kita bersyukur dan memanfaatkan apa yang kita miliki, apakah itu harta benda atau kemampuan non material.

Bersyukur dan berusaha itu leibh baik dari mengeluh dan selalu berburuk sangka kepada Tuhan.

Demikian artikel sederhana ini. Semoga dapat memberikan pemikiran yang luas dan dijauhkan dari iri dan dengki.

Wassalam

Admin

No comments:

Post a Comment