Friday, July 26, 2019

Sholat adalah WAJIB !


Sholat itu (Sholat lima waktu) hukumnya WAJIB. Apakah alasannya? Mari kita bahas sedikit mengenai hukum sholat Fardu ini secara TAUHID.

Sesuai artinya, Tauhid (Arab: توحيد‎) berasal dari kata wahhada” (وحد) “yuwahhidu” (يوحد) “tauhidan” (توحيدا), yang berarti mengESAkan Allah SWT. Tauhid adalah teori atau pelajaran mengenai TUHAN yang hanya diakui SATU yaitu Allah SWT.

Sesuai rukun iman yang pertama, Beriman kepada Allah Subhanahu Wata'ala, dimana tiada tuhan lain selain DIA (kalimat tauhid La Ilaaha Illallah).

Ketahuilah bahwa Allah telah bersumpah dalam surah Alashr, yang artinya Demi Masa (1). Sesungguhnya manusia (sebagian besarnya) dalam keadaan merugi (2). Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh. (juga) orang-orang yang saling menasehati dalam hal kebenaran dan saling menasehati dalam hal kesabaran (3).

Pada ayat ke 2 dinyatakan bahwa manusia dalam keadaan merugi, artinya bahwa manusia itu SEBAGIAN BESAR berada dalam NERAKA. Maka dari itu, Sholat Fardu 5 waktu hukumnya WAJIB karena sholat tersebut merupakan aktivitas yang SENGAJA diperintahkan TUHAN untuk memudahkan manusia dalam bermohon TERUS MENERUS supaya diselamatkan dari siksa neraka.

Maka pada tingkatan WAJIB I bagi orang muslim, wajibnya sholat tersebut bertujuan untuk membujuk Allah terus menerus untuk memberi keselamatan pada pelakunya (perhatikan arti dari surah Alfatiha secara cermat). Ini adalah kewajiban dasar bagi setiap MUSLIM jika ingin selamat (sesuai arti Islam) dari siksa neraka. (Muslim adalah orang yang mengamalkan ajaran islam {syariat} dan masih belum memahami atau mempelajari inti dari islam).

Pada tingkatan WAJIB II sudah berbeda dengan tingkat I, sholat adalah WAJIB karena telah dirasakan menjadi sebuah kebutuhan. hukum wajibnya karena si pelaku sudah mengakui bahwa sholat Fardu itu adalah kebutuhan. Bahkan sholat sunat lainnya juga selalu dikerjakan. Ini adalah tingkatan bagi MU'MIN, orang yang beriman dimana WAJIB adalah KEBUTUHAN.

Terakhir, adalah tingkata WAJIB III merupakan tingkatan terbaik yang dimiliki oleh Rasulullah, Muahmmad SAW dimana WAJIB melaksanakan sholat sebagai tanda RAHMATAN LIL'ALAMIN bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk seluruh alam dan isinya. (Perintah Sholat 5 waktu turun pada Baginda Muhammad Rasulullah SAW).

Demikian sedikit informasi yang insya Allah dapat bermanfaat bagi kita semua.
Wassalam

No comments:

Post a Comment