Tuesday, January 26, 2021

Hakikat Islam - Syahadat (bagian 1)

Bab I - Hakikat Islam

Hakikat berasal dari bahasa Arab Alhaqq - haqiqat yaitu hak, benar, sejati yang jika dimaknai dalam bahasa Indonesia adalah yang sebenarnya (original) atau dasar utama / prinsip dari suatu hal. sedangkan Islam adalah agama yang telah ditetapkan menjadi agama terbaik di sisi Allah, yang memiliki 5 ketentuan (rukun) yang harus diketahui, dipelajari, dipahami dan diamalkan. Ketentuan tersebut adalah : Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat dan Haji. Untuk mengetahui apa Hakikat Islam, maka harus dibahas masing-masing ketentuan tersebut. Pembahasan akan dimulai dengan rukun Islam pertama, Syahadat.

Syahadat (bagian 1)


Islam itu dimulai dengan syahadatain atau 2 kalimat syahadat yang artinya jelas bahwa benar tidaknya setiap manusia beragama akan dinilai dari bagaimana mengamalkan rukun Islam pertama ini. Syahadat adalah kata yang dari bahasa arab yang artinya kesaksian. Silahkan cek pada berbagai sumber online, Salah satunya di wikipedia org

Berkaitan dengan hal diatas, ada sebuah ungkapan "awal agama adalah mengenal Allah" atau Awaluddin ma'rifatullah (beberapa sumber menyebutkan bahwa ungkapan ini dari hadits nabi, penulis belum temukan sumber haditsnya). Sebelum kita lanjutkan, mari kita simak referensi mengenai hal ini :    


Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. Quran Surat Al-Hadid Ayat 3.

Ayat diatas menyatakan bahwa, Dialah (Allah) yang awal (bukan seperti pemahaman manusia), yang menunjukkan bahwa dalam memulai belajar agama, mengenal Allah yang wajib pertama dipahami lalu diamalkan.

 

Di dalam ayat lain disebutkan :

Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi (menjadi saksi)". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)", Quran Surat Al-A’raf Ayat 172.

 

2 ayat diatas sudah dapat mewakili ungkapan "awal agama adalah mengenal Allah". Maka jelaslah bahwa siapa yang mengaku beragama Islam, maka wajib hukumnya memahami apa saja yang berkaitan dengan rukun Islam pertama (2 kalimat syahadat), dimana bukan sekedar tahu artinya dan mampu membacanya dengan benar. Tetapi juga harus mengetahui apa dan bagaimana ilmu syahadat itu. 

 

Ayat pertama (Quran Surat Al-Hadid Ayat 3) menguatkan bahwa Allah adalah Awal sebagaimana rukun Islam pertama (syahadat). --> Awaluddin

Ayat kedua (Quran Surat Al-A’raf Ayat 172) menyatakan sikap para ruh ketika penciptaan awal dan bersedia menjadi saksi bahwa Dia adalah Allah, tuhan yang wajib disembah. --> Ma'rifatullah 

 

Untuk lebih mendalami bahasan rukun Islam pertama ini, ikuti lanjutan kajian ini pada kesempatan berikutnya insya Allah.. 

Tetap cek secara berkala lanjutan kajian ini .... stay update

Kajian lanjutan : Syahadat - bagian2 (dalam proses..) 

 

Kajian akan datang :

Proses Penciptaan Manusia (Kronologi Syahadat)

Wahyu Awal Kerasulan Muhammad SAW (Kronologi Syahadat bagian 2)

 Isra' dan Mi'raj Muhammad SAW (Kronologi Syahadat bagian 3)

 

Salam AZ

وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنۢ بَنِىٓ ءَادَمَ مِن ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ ۖ قَالُوا۟ بَلَىٰ ۛ شَهِدْنَآ ۛ أَن تَقُولُوا۟ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَٰذَا غَٰفِلِينَ

No comments:

Post a Comment