Tuesday, September 7, 2021

Alasan Turunnya surah Alfalaq & Annas

Diturunkannya surah Alfalaq dan Annas mempunyai kisah tersendiri dan memiliki makna hakikat pada kehidupan manusia tentang " MOHON PERLINDUNGAN " kepada Allah terhadap " Sarr " yaitu hal buruk/jahat/merusak. Kedua surat ini disebut Al-Mu'awwidzatain karena wajib memohon kepada Allah untuk mendapatkan perlindungan dari Nya.

 

Bersumber dari lebih dari satu hadits (Bukhari dan Muslim) yang isinya bersesuaian yang kisahnya sebagai berikut :

 
Diceritakan dalam Hadis yang diriwayatkan Abu Nu'aim dari Abi Jakfat Ar-Razai Ar-Rabi' bin Anas dari Anas bin Malik dalam Kitab 'Ad-Dalail, suatu hari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) menderita sakit yang sangat parah.

Maka Allah Ta'ala mengutus dua Malaikat untuk menjenguk beliau. Salah satu Malaikat duduk di sebelah kepala dan yang satunya duduk di bagian kaki. Kedua Malaikat itu terlibat dialog.

"Apa yang kamu lihat terhadap diri Rasulullah?" tanya Malaikat yang berada di bagian kaki.

"Beliau kena sihir," jawab Malaikat yang di bagian kepala. "Siapa gerangan yang menyihirnya?"

Jawab Malaikat: "Labid bin Al-A'sham, seorang Yahudi. Sihirnya berupa ijuk gulungan yang diletakkan di sumur sebelah sana, pada keluarga si anu, di bawah batu besar. Maka timbalah air sumur dan angkatlah batu besar itu, kemudian ambil dan bakarlah ijuk tersebut."
 
Setelah kejadian itu, turunlah perintah Allah kepada manusia melalui nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam untuk selalu bermohon perlindungan kepada Allah. Perintah tersebut adalah kandungan utama dari 2 surah terakhir dari Alquran.

Untuk mengetahui penjelasan surah Alfalaq dan Annas, silahkan klik tautan ini.



No comments:

Post a Comment